Saturday, December 21, 2013

Mengenal Cat Sebagai Sumber Pelapis permukaan benda zat padat

Mengenal Cat Sebagai Sumber Pelapis permukaan benda/zat padat - tentunya siapapun pasti tau apa itu cat, tetapi untuk kali ini simpleteori akan mengulas tentang cat yang digunakan untuk keperluan pengecatan pada permukaan body kendaraan baik itu kendaraan sepeda motor, mobil, sepeda ontel dan sebagainya. untuk mengenal lebih dekat mengenai cat yang digunakan pada kendaraan maka ada baiknya jika mengetahui hal-hal sebagai berikut:
1. Komposisi Cat
2. Sifat atau Karakteristik Cat
3. Klasifikasi Cat
4. Pencampuran Cat


Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Komposisi Cat
a. Pigment pigmen merupakan substansi padat bubuk yang berfungsi sebagai pemberi warna dan menentukan daya tutup cat. Jenis, kadar, dan komposisi pigmen dalam larutan berpengaruh terhadap kualitas cat itu sendiri

b. Resin
Resin: salah satu komponen dasar pembuatan cat yang berfungsi untuk mengikat pigmen yang membentuk lapisan tipis kontinyu untuk menghasilkan kekerasan, kilap,lekat dan masih banyak lagi fungsinya



c. Zat pelarut (solvent) Zat pelarut berfungsi untuk mengencerkan/melarutkan zat perekat dan pewarna untuk memudahkan proses pembuatan cat.


d. Zat Aditif Bahan tambahan dapat berbentuk cair dan berupa serbuk. Salah satu yang bentuk cair, adalah unsur plastik (plasticizer) berfungsi untuk membuat cat lebih elastis dan fleksibel, sedangkan yang berbentuk serbuk seperti serbuk, aluminium, perak, tembaga, formica, dll.

2. Sifat atau Karakteristik Cat


3. Klasifikasi Cat
Menurut klasifikasi cat yang digunakan dalam bengkel pengecatan kendaraan dewasa ini dapat dibagi menjadi dua klasifikasi yaitu :
-Cat Enamel adalah cat yang banyak digunakan untuk mobil-mobil mewah, bus-bus besar, pesawat terbang dan sejenisnya.
-Cat Lacquer adalah cat yang proses pengeringannya terjadi akibat pengupan tinernya
Klasifikasi cat tersebut dapat diuraikan lebih rinci sebagai berikut :

4. Pencampuran Cat
1. Warna primer menurut teori warna pigmen dari Brewster adalah warna - warna dasar. Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer.
Pada awalnya, manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas warna Merah, Kuning, dan Hijau. Namun dalam penelitian lebih lanjut, dikatakan tiga warna primer adalah:
Merah (seperti darah)
Biru (seperti langit atau laut)
Kuning (seperti kuning telur)

a. Warna primer additif
Alat/media yang menggabungkan pancaran cahaya untuk menciptakan sensasi warna menggunakan sistem warna additif. televisi adalah yang paling umum.
Warna primer additif adalah merah, hijau dan biru.

b. Warna primer subtraktif
Merah, Hijau, Biru / RGB (Red, Green, Blue) merupakan rangkaian sejarah dari warna primer subtraktif.
Warna Primer Subratif terdiri dari 3 bagian yaitu : Kuning,Magenta,dan Cyan

2. Warna sekunder
-Warna sekunder adalah warna yang dihasilkan dari campuran dua warna primer dalam sebuah ruang warna. Contohnya seperti di bawah ini.
-Warna Cat (RYB)


Demikianlah ulasan tentang Mengenal Cat Sebagai Sumber Pelapis permukaan benda/zat padat semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya dan menambah wawasan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi sekian dari kami sampai jumpa lagi di teori berikutnya.

No comments:

Post a Comment